Afrizal Afrizal Author
Title: Bongkar Pasang Komputer
Author: Afrizal
Rating 5 of 5 Des:
Prosedur bongkar pasang komputer => ALAT DAN BAHAN Alat dan bahan yang digunakan pada praktek membongkar dan memasan...










Prosedur bongkar pasang komputer

=> ALAT DAN BAHAN


Alat dan bahan yang digunakan pada praktek membongkar dan memasang kembali satu unit komputer adalah :
Alat dan Bahannya yaitu :
    1.Seperangkat unit pc
    2.Satu buah obeng positif 


     3.satu buah obeng negatif
  1. Tujuan pokok dari sitem komputer adalah mengolah tujuan data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen – elemen yang terdiri dari :
    1. Perangkat keras
    2. Perangakat lunak
    3. dan brainware
    perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah – perintah untuk melakukan proses tertentu. Dan brainware adalah manusia yang mengatur sistem komputer.
    Ketiga elemen tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Adapun komponen – komponen dalam komputer adalah :
  1. Alat masukan
adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat unutk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Beberapa alat masukkan di dalam komputer seperti :

  1. keyboard
  2. pointing device
  3. scanner
 output devices adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berbentuk hardcopy, soft copy ataupun berupa suara. Output yang di hasilkan dari proses dapat di golongkan menjadi empat bentuk yaitu tulisan, image, suara dan bentuk lain yang dapat di baca oleh mesin. Contoh dari alat output ini adalah :
  1. printer
  2. speaker
  3. monitor
  4. proyektor
  1. I/O Ports
bagian ini di gunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. I/O Port juga biasa di sebut dengan bagian interface karena peralatan inputdan output di atas terhubung melalui port ini.
  1. CPU
CPU merupakan otak sistem dan memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu ALU. Sebagai pengolah data dan CU sebagai pengontrol kerja komputer.
  1. Memori 
  2. RAM adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan, fungsi RAM yaitu mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah komputer
Semua data dan program yang di masukkan melalui alat input akan di simpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat di akses secara acak oleh komputer.


  1. ROM
Rom hanya dapat di baca sehingga pemrograman tidak bisa mengisi suatu ke dalam ROM. ROM sudah di sisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang program – program pokok yang di perlukan oleh sistem komputer misalnya : program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu dan bootstraap program. Program bootstrap di perlukan saat pada saat pertama kali sistem komputer di aktifkan. Proses pengaktifan komputer pertama kali disebut dengan booting atau warm booting.

1. POWER SUPPLY adalah perangkat keras berupa kotak yang isinya merupakan kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan kedalam perangkat keras lainnya. perangkat keras ini biasanya terpasang dibagian belakang (didalam cassing) komputer.dan berfungsi sebagai penyuplai tegangan listrik atau misalkan jika laptop panas berarti dari kipasnya.  contoh gambar power supply :


 2.CD/DVD DRIVE adalah sebuah perangkat keras didalam komputer yang berfungsi untuk memutar dan membaca piringan cd. contoh gambar cd/dvd drive :
3. FLOPPY DRIVE yaitu sebuah perangkat tempat penyimpanan data dan berfungsi sebagai penyimpanan data dengan memori yang terbatas yang hanya dapat menampung dengan 1.44MB saja. contoh gambar floppy drive :

Power supply adalah perangkat keras berupa kotak yang isinya merupakan kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Perangkat keras ini biasanya terpasang di bagian belakang (di dalam) casing komputer. - See more at: http://solusikompi.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-dan-fungsi-power-supply.html#sthash.6xo9SAZV.dpuf
4. fungsi HARDISK pada umumnya sebagai media penyimpanan suatu data pada PC. contoh gambar hardisk :
5.ROM yaitu suatu perangkat keras pada komputer atau PC yang berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya bisa dibaca saja dan berfunsi untuksebagai media penyimpanan firmware. contoh gambar ROM :


Power supply adalah perangkat keras berupa kotak yang isinya merupakan kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Perangkat keras ini biasanya terpasang di bagian belakang (di dalam) casing komputer. - See more at: http://solusikompi.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-dan-fungsi-power-supply.html#sthash.6xo9SAZV.dpuf
                                                                                                      created : aim ibrahim(Al-Ittihad Cianjur)

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top